Pendidikan Iklim dan Lingkungan Hidup : Sampah

.

ICSF kembali lagi ke SD 01 dan SD 03 Darmaga Bogor. Seperti biasa keceriaan terpancar diwajah siswa siswi kelas 5 saat menyambut kakak-kakak dari ICSF, mulai dari mereka yang datang kemudian mencium tangan, ngobrol-ngobrol, dan ada juga yang teriak memanggil nama kita.  Kedatangan ICSF dalam rangka memberikan pengetahuan tentang pendidikan lingkungan hidup  minggu lalu rupanya masih hangat diingatan mereka. Kedatangan ICSF untuk kali kedua pada 13 Februari 2010 kemaren mengusung tema tentang “sampah”. Seperti pada pertemuan sebelumnya temen-temen dari ICSF langsung memasuki kelas yang telah dibagi dan melaksanakan jobdesk masing-masing. Tema sampah rupanya membuat mereka sangat antusias mengikutinya.

.

“Temen-temen siapa disini yang masih buang sampang sembarangan?”

“sayaaaaa kaaaaaaak,,,,,,?” (serempak)


Dibuka dengan pertanyaan tersebut diskusi tentang ‘sampah’ pun dimulai.  Mulai dari definisi, jenis-jenisnya, contoh-contoh sampah organik dan anorganik, sumber-sumber, dan dampak serta daur ulang dari sampah.  Diskusi kelompok-kelompok kecil dengan duduk melingkar didampingi dengan satu kakak pendamping dari ICSF rupanya semakin membuat mereka mengerti dan paham tentang apa itu sampah.  Berbagai pertanyaan, games, reward dan diskusi pun terus berlangsung sangat heboh dalam waktu yang tak begitu lama, kira-kira 60 menit.  Dan yang paling menarik dari PLH kedua kali ini adalah ikrar tentang sampah, dengan gaya tangan kanan di taruh dada sebelah kiri, mereka serentak menyatakan ikrar tentang sampah.

.

“Saya berjanji, mulai saat ini saya akan membuang sampah di tempat sampah.  Jika saya melihat sampah di sembarang tempat, saya akan mengambil dan membuangnya di tempat sampah.  Jika saya melanggar, saya bersedia dipanggil perusak lingkungan.”


Kegiatan PLH pun berakhir seiring dengan ikrar sampah tersebut, tak lupa juga diberikannya PR (membuat cerita tentang apa yang kalian perbuat jika melihat orang yang buang sampah sembarangan) yang dikumpul pada PLH ke-3 pada 20 Februari mendatang.  Dengan wajah sumringah mereka pulang, berjejer-jejer bersalaman dengan kakak-kakak dari ICSF.  Semoga apa-apa yang temen-temen ICSF lakukan kemarin bermanfaat buat mereka, seperti pepatah bijak yang mengatakan bahwa “sampaikan pengetahuan walau hanya seujung kuku”.


Semangat temen-teman ICSF…..teruskan perjuangan kita heheheh….

.

Journal by Ria Hamida Agustina.

About these ads
This entry was posted in Our Activities..!. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pendidikan Iklim dan Lingkungan Hidup : Sampah

  1. Koje says:

    semangat menyelamatkan bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s