Recycle Book

Sedikit cerita tentang apa aja yang sudah kita lakukan beberapa hari terakhir ini…

well.. bulan November ini, ICSF mendaftarkan diri dalam kompetisi young change makers yang diselenggarakan oleh sebuah LSM bernama Ashoka..

Rahmi Ariani terpilih sebagai Project Officer kali ini… Perubahan yang berusaha kita buat adalah menggunakan sampah kertas untuk bisa digunakan kembali.. Jadi kita mengumpulkan kertas-kertas bekas yang telah terpakai satu sisi dan kemudian membentuknya menjadi buku catatan kecil dengan bercover kardus bekas dan kemudian membagikannya kepada teman2 SD sekaligus menjelaskan secara singkat mengenai perubahan iklim kepada mereka.

Hmmmm……… Capeknya LUARRRRRRRRRRRRRRRRRR biasa, kerja dari pagi sampai malam, bahkan begadang… yang jelas waktu itu kita gak bisa bergerak cepat karena ada ujian juga, jadi pada waktu2 tersebut kita hanya bisa bekerja sendiri-sendiri untuk mengumpulkan kertas bekas dan kardus seantero bogor (mulai dari laboratorium, kos2an, cafe, minimarket,dll) , mengkonsep bukunya, mencari pesan-pesan kecil untuk diselipkan di tengah2 buku..dan lain-lain.

image1222 Till Drop..!

Kemudian segera setelah ujian kita langsung kerja memotong-motong kertas, memilih-milih kertas yang masih bisa dipakai,  (also thanks untuk crew labklim karena telah membantu kita mengumpulkan kertas), ngebersihin kardus, ngejilid, tangan bengkak2, istirahat sambil diselingi karaoke-an, sambil cerita2, bermellow ria, mendengarkan Lembayung Bali dan Bimbang….hehehe. .. target yang ingin dicapai adalah 1000 buku…tapi kenyataanya, dengan segala keterbatasan SDA dan SDM terbentuklah 310 buku…yah lumayanlah..

dsc00109 dsc00113 Meet the Principal..!

Senin Pagi tepatnya kita mulai ke SD 1 Darmaga dan SD 3 Darmaga, masuk ke kelas 5 dan 6, ngomong2 sedikit tentang kertas, membuang2 kertas, hemat kertas, asal muasal kertas, hutan, sampe climate change…susah sih, karena harus mentransformasikan itu semua ke bahasa yang lebih sederhana supaya mereka mudah mengerti tapi senangggggggggggggg banget… karena mereka antusias..apalagi pas tadi kita bertanya:

“Jadi, adik2 mau gak, kita sama2 membantu menjaga lingkungan kita, gak buang sampah sembarangan? gak buang2 kertas? menjaga hutan?”

“MAUUUUUUUUUUUUUUUUU”

“kalo gak ada hutan kan gak bisa bernapas ya? nanti manusia dan makhluk hidup yang lain jadi gimana?”

“MATTTIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII ” (hehehe)

dan tanpa panjang lebar lagi, kita pun membagi-bagikan buku kecil tersebut kepada mereka. 

dsc001201 dsc00126


Setelah membagi-bagikan buku dan melihat ekspresi mereka, kami belajar satu hal…

Kompetisi itu menjadi tidak penting lagi, kami tidak peduli akan menang atau kalah, yang menjadi tujuan kami sekarang adalah bagaimana kami bisa terus berkontribusi kepada sekeliling. Melihat adik-adik di SD seantusias itu cukup membayar semua pengorbanan yang udah kita buat, rasanya semua lelah yang ada karena belum sempat tidur langsung terangkat hari itu juga…



well teman-teman… terima kasih banyak ya dukungannya…

karena kalian ICSF masih terus ada…


Journal by Daniel Chrisendo