Earth Hour and Star Party

Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

Earth Hour berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.

Kegiatan alternatif yang bisa dilakukan pada saat Earth Hour adalah Star Party merupakan kegiatan pengamatan benda-benda langit semalam suntuk yang dilakukan bersama dengan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ). Langit malam hari akan tampak lebih cerah jika lampu kota padam. Hal ini dikarenakan polusi cahaya yang dihasilkan oleh lampu kota mengalahkan cahaya langit.

Dengan Star Party, selain kita bisa menghemat energi, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai ilmu perbintangan. Kita bisa belajar mengenai rasi bintang dan benda langit lainnya, cara menggunakan teropong bintang, peta bintang dan software pencari bintang, berkumpul dengan teman-teman yang memiliki ketertarikan yang sama dan lain sebagainya.