Profil Staff

Coordinator

Hijjaz Sutriadi

Hijjaz, anak Pulau Sumbawa, merupakan sosok yang kreatif. Hijjaz sangat gemar menggambar. Poster-posternya mendapatkan penghargaan di berbagai lomba, termasuk poster lingkungannya. Hijjaz tergabung dalam organisasi mahasiswa pertanian internasional (IAAS) dan merepresentasikan mahasiswa Indonesia ke International Agriculture Student Symposium di Universiti Putra Malaysia dan Good Practice Program di Niigata University, Jepang. Sebagai pencinta lingkungan, Hijjaz memiliki perhatian khusus dan menyosialisasikan Eco-Enzyme sebagai pembersih lantai yang ramah lingkungan dan organic fertilizer.

Kontak : hijjazone_at_gmail.com

Activity Coordinator

Fauziah Nur

Fauziah Nur yang akrab dipanggil Zia merupakan koordinator kegiatan yang dilakukan oleh ICSF. Perempuan yang memiliki hobi membaca dan berpetualang ini memiliki prestasi akademik yang luar biasa, ditunjukkan dengan aktifnya mengikuti olimpiade, khususnya di bidang astronomi. Zia aktif dalam kegiatan dan kampanye lingkungan, salah satunya adalah pembuatan inovasi teknologi lingkungan “Biotoilet” berbasis sekam padi dan alkohol hasil fermentasi limbah agar-agar sebagai solusi kelangkaan air bersih di daerah pengungsian, yang mendapatkan penghargaan dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Kontak: fauzian7_at_gmail.com

Sekretaris

Annisa Noyara Rahmasari

Annisa Noyara biasa dipanggil Noya, memiliki hobi menonton film. Film favoritnya The Day After Tomorrow menginspirasinya untuk mendalami ilmu meteorologi dan klimatologi. Minatnya pada bidang tersebut menjadikan dirinya sebagai mahasiswa terbaik di kelasnya. Noya pernah aktif di Palang Merah Remaja dan sering mengikuti kegiatan alam dan naik gunung dan berperan sebagai tim medis. Perempuan yang  bercita-cita menjadi astronot ini tergabung dalam klub olahraga Panahan dan sangat rajin menabung untuk membeli tiket konser musisi internasional. Noya aktif membantu beberapa penelitian yang berhubungan dengan cuaca dan iklim. Dia mengaku tidak pernah menggunakan kantong plastik ketika berbelanja di minimarket.

Kontak : justsaynoyara_at_yahoo.com

Public Relation and Campaign

Nyayu Fatimah Zahroh

Ima, nama panggilannya, tertarik dalam bidang jurnalistik dan tergabung dalam media Koran Kampus. Banyak pelatihan dan studi banding jurnalistik yang diikutinya, namun lebih banyak karya fotonya yang dimuat daripada tulisannya. Keterlibatannya dengan banyak media menjadikannya sebagai koordinator hubungan masyarakat dan kampanye. Ima sangat hobi melukis di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak, dia melukis benda mati (still life painter) dan pemandangan. Perempuan yang sangat menghargai ketepatan waktu ini bercita-cita menjadi ahli lingkungan khususnya di bidang cuaca dan iklim.

Kontak : nyayufatimahzahroh_at_yahoo.com

Treasurer

Enda Ulinata

Kesan pertama yang terlihat dari perempuan ini adalah ribut dan tidak bisa diam. Seringnya diajak menanam pohon di kantor ayahnya dan beberapa kali mendaki gunung, membuat Enda termotivasi untuk semakin mencintai lingkungan. Saat ini Enda aktif melayani, mengasuh, dan mengajar di Panti Asuhan Bina Harapan dan Candranaya. Enda sangat hobi memasak dan suka mencoba resep baru. Seringnya mendapat posisi pemegang keuangan dalam suatu kepanitiaan, membuatnya mendapatkan tanggung jawab sebagai bendahara di ICSF. Enda lahir dan besar di Sumatra, dan cita-citanya untuk bisa menjejakkan kakinya di pulau Jawa akhirnya tercapai saat kuliah di IPB

Kontak : endagfm_at_yahoo.co.id

PO Volunteer

May Parlindungan Sitindaon

Bulu mata yang sangat lentik. Itulah kata yang sanggup menggambarkan May pada saat pertama kali berjumpa. May lahir dan besar di Jambi. Perannya dalam ICSF adalah menjadi penanggung jawab volunteer. Dia sangat suka jalan-jalan dan olahraga, khususnya futsal. May sangat pintar dalam hitung menghitung, terbukti dengan keikutsertaannya pada Olimpiade Matematika sampai tingkat provinsi. Penikmat musik rock ini juga memiliki kesibukan mengajar pendidikan agama Katolik kepada adik-adik kelasnya di kampus.

Tim Kreatif

Daniel Chrisendo

Daniel merupakan founder dan former coordinator dari ICSF, saat ini dia menjadi bagian dari tim kreatif. Daniel aktif di beberapa organisasi seperti the World Bank Youth Group dan IAAS, organisasi mahasiswa pertanian internasional. Dia merupakan penyanyi tenor di Paduan Suara Mahasiswa Agriaswara dan di gereja, seorang debater pada IPB Debating Community dan mengikuti kompetisi nasional. Daniel membawa ICSF masuk ke ranah internasional melalui Oxfam International Youth Partnership. Dia juga merupakan founding member dari International Peace Network yang diinisiasikan di Sharm-El-Sheikh tahun 2007. Dia pernah bekerja volunteer sebagai interpreter pada Serikat Petani Indonesia, penulis pada Berita Bumi, blogger pada Jakarta Post, melakukan penelitian di Center for Climate Risk and Opportunity Management in South East Asia and Pacific, dan menjadi Outsourced Program Manager di the Indonesian Center for Biodiversity and Biotechnology. Saat ini Daniel bekerja sebagai Pengajar Muda di Indonesia Mengajar, dimana dia menjadi guru di daerah terpencil di Indonesia. Pada waktu senggangnya, Daniel sangat suka travelling dan bermain biola.

Kontak : dchrisendo_at_yahoo.com

Saputri Sapta

Saputri Sapta yang biasa dipanggil Uthie memiliki ketertarikan di bidang seni fotografi, film, dan desain. Sebagai fotografer beraliran art dan fashion portrait, karyanya berhasil memenangkan kompetisi foto kalendar CNOOC dan menjadi finalis pada fashion photography competition oleh majalah iCreate. Saat ini Uthie bekerja sebagai fotografer freelancer di De Photographers dan membuat dokumentasi setiap kegiatan ICSF. Uthie juga pernah bergabung dalam organisasi bisnis bernama Center of Entrepreneurship Development for Youth (Century) sebagai Production Co-Manager. Selain itu, Uthie aktif dalam Fontane Chamber Orchestra sebagai pemain biola dan salah satu penyiar dalam Radio Komunitas Twitter Indonesia (RKTI).

Kontak: saputrisapta_at_yahoo.com.sg

Tamara Sitorus

Salah satu bentuk kreativitas yang dikontribusikan Tarra untuk ICSF adalah menggubah lagu bertema lingkungan untuk pendidikan iklim dan lingkungan hidup. Lulusan Elfa’s Music School dan Yayasan Pendidikan Musik (YPM) ini sekarang menjadi guru piano di Purwacaraka Music School. Tarra aktif mengisi acara seperti pernikahan, konser Natal, sampai festival jazz. Dia juga merupakan salah satu penyiar pada Radio Komunitas Twitter Indonesia (RKTI). Dalam bidang lingkungan, Tarra pernah memimpin proyek lingkungan Air Hujan sebagai Alternatif Air Bersih yang berhasil mendapatkan dana dari DIKTI.

Kontak: tamara.sitorus_at_yahoo.com

Uji Astrono

Hobi makannya menginspirasinya untuk berbisnis makanan ceker crispy untuk mencegah osteoporosis, dan bisnisnya ini berhasil mendapatkan dana awal dari DIKTI sebagai program kreativitas mahasiswa. Uji sangat memiliki ketertarikan pada program komputer, khususnya desain grafis dan coding, yang membuatnya menjadi graphic designer di ICSF. Uji telah membuat beberapa software komputer, salah satunya yang berhubungan dengan lingkungan adalah penduga wilayah yang tergenang akibat kenaikan muka air laut karena perubahan iklim.

Kontak : astrono.pribadi_at_gmail.com

Contributor

Sandro Wellyanto Lubis

Lulus dengan predikat Cum Laude membuat Sandro menjadi mahasiswa berprestasi Departemen Geofisika dan Meteorologi IPB dan lulusan terbaik tingkat fakultas. Pria yang berasal dari pulau paling utara dan paling barat Indonesia, Pulau We, sangat senang menulis scientific paper dan jurnal, yang telah dipublikasikan dan terakreditasi di tingkat nasional. Sandro aktif mengikuti kegiatan internasional, diantaranya adalah International Summer Academy di University of Hamburg tahun 2009 dan University of Ruhr tahun 2010, Jerman. Dia melakukan beberapa penelitian, salah satunya adalah penyusunan model prediksi angka kejadian penyakit DBD sebagai Early Warning Model dengan menggunakan informasi iklim di Mataram, dimana kegiatan tersebut berhasil mendapatkan dana dari DIKTI.

Kontak : sandro.lubis_at_live.com

Annisa Hasanah

Annisa Hasanah merupakan inovator dari Ecomonopoly. Annisa adalah Leader dari EcoFun Community. Bersama dengan ecomonopoly-nya, Annisa berhasil meraih Danamon Young Leadership Award 2009, Ashoka Young Changemaker 2009, dan Bayer Young Environmental Envoy 2010 di Jerman. Annisa adalah mahasiswa tingkat akhir Departemen Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor dan berhasil menjadi mahasiswa berprestasi tingkat fakultas tahun 2010.

Kontak: gymnopedie23_at_yahoo.co.uk